Rabu, 02 Juni 2010

Game Rubik Redux

Permainan Rubik adalah sebuah permainan yang membutuhkan asah otak serta perhitungan algoritma untuk bisa memecahkan teka-teki yang ada di dalamnya. Rubik merupakan permainan puzzle mekanik berbentuk kubus yang memiliki warna pada setiap sisinya. Dibagi menjadi beberapa kotak kecil yang memiliki kelompok warna awalan yang sama untuk masing-masing sisinya seperti warna merah, kuning, hijau, biru, dan putih, yang dapat diputar sedemikian rupa sehingga menghasilkan kotakan-kotakan yang acak di masing-masing sisinya.

Cara memainkannya adalah dengan mengacak dan mengembalikan kotakan-kotakan tersebut ke sisi-sisi yang sebenarnya sesuai dengan kelompok warnanya.

Rubik dipandang sebagai permainan yang positif, terjangkau, melatih motorik dan daya ingat serta melatih logika geometri atau susun bangun dalam kerangka otak pemain rubik. Permainan ini biasanya dimainkan oleh berbagai lapisan usia mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Akan tetapi yang terdapat saat ini, Rubik hanya dapat dimainkan dalam bentuk fisik kubusnya saja. Oleh karena itu, saya membuat resensi game dimana sekarang ini sudah terdapat game rubik, tapi tidak dalam bentuk 3 dimensi, melainkan dalam bentuk 2 dimensi saja. Game ini juga merupakan game mobile, atau yang biasa kita sebut handphone. Jadi, Anda bisa memainkan game ini ini penulis ingin membuat suatu aplikasi game Rubik yang dapat dimainkan pada perangkat handpone sehingga permainan Rubik dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja.


Permainan ini seperti sebuah kubus rubix tetapi memiliki matriks 2 Dimensi, bukan kubus. Tujuan permainan ini adalah untuk menyelaraskan semua kotak berwarna ke baris atau kolom dengan warna yang sama. Kursor, yang kotak baik secara horisontal maupun vertikal sekitar satu baris atau kolom memungkinkan Anda untuk siklus kotak berwarna untuk mengaturnya dalam baris atau kolom masing-masing hanya memiliki warna yang sama. Jika jendela seleksi horizontal kemudian kiri / kanan menggeser kotak, atas / bawah jendela bergerak seleksi.

Jika jendela pemilihan adalah vertikal kemudian up / down menggeser kotak dan kiri / kanan jendela bergerak seleksi. Memindahkan jendela pilihan di atas atau di bawah bagian atas atau bawah jendela pemilihan ternyata dari horizontal ke vertikal. Memindahkan jendela pemilihan sebelum pertama atau setelah kolom terakhir ternyata jendela pilihan dari vertikal ke horizontal. Atau Anda dapat menekan api atau 5 untuk beralih jendela pemilihan vertikal ke horizontal.

Game ini mempunya 4 (empat) level kesulitan, yaitu Level 3 x 3, Level 4 x 4, Level 8 x 8 dan Level 12 x 12. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.


Nah, ini Level yang pertama...

Level 3 x 3



Ini level yang kedua..

Level 4 x 4



Ini Level yang ketiga..

Level 8 x 8



Dan ini Level yang terakhir, yaitu level keempat..

Level 12 x 12

1 komentar:

Kiki mengatakan...

Sekarang bisa main game Rubik 2 dimensi di hp gw dh..
hehe..

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons