Rabu, 24 Februari 2010

Ragam Nirkabel

Ragam Nirkabel



Secara umum, teknologi yang banyak digunakan untuk saling bertukar atau memindah-mindahkan data tanpa menggunakan bantuan kabel (nirkabel) adalah inframerah, Bluetooth, Wi-Fi, dan frekuensi radio. Keempatnya memiliki sifat, kecepatan, dan cakupan yang beragam. Berikut gambaran singkat mengenai jenis koneksi tak berkabel tersebut.


Frekuensi Radio

Yang umum digunakan adalah frekuensi 27 MHz, walaupun ada juga yang menggunakan teknologi FastRF (6 Kbps). Periferal komputer yang menggunakan teknologi 27 MHz ini salah satunya adalah mouse dan keyboard nirkabel. Dengan teknologi seperti ini, Anda tidak perlu menghadapkan langsung mouse dengan penerima sinyalnya. Mouse-nya sendiri pun cukup nyaman digunakan. Sayang, biasanya mouse seperti ini masih perlu baterai.

Kecepatan transfer data : 2,4 Kbps
Cakupan : 1,5-2 m



IrDa

IrDa atau Infrared Data Association merupakan teknologi yang sering digunakan dan menjadi fitur pelengkap pada ponsel dan PDA, dan memungkinkan transfer data dari satu perangkat ke perangkat lain tanpa perlu kabel. Standar transmisi data melalui gelombang cahaya infra merah. Asal saling berhadapan dan tidak ada penghalang, peranti bias saling berkomunikasi. Daya yang dibutuhkan juga sangat kecil.

Kecepatan transfer data : 9,6-115 Kbps
Cakupan : < 1,8 m


Bluetooth

Produk berteknologi Bluetooth harus lolos uji oleh Bluetooth Special Interest Group sebelum dilempar ke pasar. Perusahaan pendiri Bluetooth yaitu Ericsson, IBM, Intel, Nokia, dan Toshiba. Perangkat yang menggunakan teknologi radio gelombang pendek ini adalah ponsel dan PDA. Bahkan sekarang Bluetooth sudah banyak dijumpai digunakan untuk perangkat komputer. Umumnya, jangkauannya mencapai 9 m. Kecepatan transfer data : 120-723 Kbps Cakupan : 9-90 m Wi-Fi Wi-Fi atau Wireless Fidelity merupakan nama lain dari standar teknologi nirkabel IEE 802.11b. Produk-produk bersertifikasi Wi-Fi dari WECA (Wireless Ethernet Compatibility Alliance) bias saling dioperasikan satu sama lain, bahkan dari merek yang berbeda. Teknologi ini sering ditambahkan pada notebook, ponsel dan PDA. Pada berbagai aspek, sifat Wi-Fi mirip dengan jaringan berkabel umumnya, baik yang sudah built-in, maupun yang menggunakan card tambahan. Kecepatan transfer data : 1-54 Mbps Cakupan : 9-90 m

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons