Jumat, 14 Januari 2011

Proposal Bisnis Usaha Warnet

Pada tulisan kali ini, saya akan membahas mengenai proposal untuk membuka usaha bisnis Warung Internet (Warnet). Ada beberapa hal tentunya yang dibahas dalam topik ini.

Yang merupakan faktor terpenting dalam membuka warnet adalah menentukan tempat atau lokasi. Sebagian pihak mungkin menyebut bahwa berlokasi dekat dengan kegiatan mahasiswa akan menguntungkan bagi warnet. Oleh karena itu, saya akan menyewa tempat di lokasi sekitar kampus.

Selanjutnya adalah jumlah komputer. Investasi komputer dalam jumlah banyak adalah faktor penting berikutnya. Selain tingkat utilisasi pemakaian koneksi Internet lebih tinggi, jumlah komputer yang memadai akan menghindarkan pengunjung dari menunggu terlalu lama atau meninggalkan warnet. Konsekuensi jumlah komputer ini diikuti oleh investasi yang lebih besar untuk ongkos koneksi Internet.
Dalam hal ini, saya berangan-angan untuk membuka usaha warnet dengan jumlah komputer 21 unit, dimana 20 unit komputer untuk client dan 1 unit komputer untuk server. Komputer tersebut dirancang dengan spesifikasi yang prima dan akan selalu di-maintenance karena spesifikasi komputer yang lambat seringkali membuat user menjadi kesal. Komputernya kurang lebih akan saya rakit dengan spesifikasi Processor Pentium 4, Sistem Operasi Windows XP, RAM 512 MB, VGA 256 MB, dan dengan layar monitor LCD 17".

Kemudian saya juga akan menggunakan koneksi internet yang cepat dan mempunyai kehandalan yang tinggi. Jika jaringan sering terganggu akan mempengaruhi citra warnet. Saya akan menggunakan koneksi internet Speedy.


Pemasangan pendingin udara (AC) juga diperlukan agar pengguna warnet betah berlama-lama di ruang warnet. Pengguna warnet juga membutuhkan privasi dalam ber-internet, jadi saya akan membuat ruangan yang cukup nyaman.


Di dalam warnet tersebut juga terdapat game centre, dan juga dilengkapi warung kecil-kecilan agar pengguna warnet dapat membeli jajanan sesuai selera dan juga dapat menambah income/pendapatan warnet. Tak lupa pula warnet ini akan terdapat jasa print dan scanner.

Di warnet ini akan ada seorang operator, dan Billing juga akan disediakan untuk mempermudah user dalam menggunakan komputer dan mempermudah perincian laporan keuangan warnet.


Adapun jam operasional warnet dibuka setiap hari, dimulai pukul 07.00 s/d 22.00 WIB.

Warnet ini juga harus mempunyai harga yang relatif bersaing dengan warnet lain.

Dengan berbagai fasilitas yang ada, pelayanan yang ramah kepada pengguna warnet juga harus diutamakan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons