Selasa, 12 April 2011

Pembuatan Aplikasi Permainan Rubik 2 Dimensi Menggunakan J2ME

Pada postingan kali ini, saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat sebuah aplikasi permainan untuk handphone menggunakan J2ME. Permainan yang saya maksud disini adalah permainan "Rubik 2 Dimensi"..


Tau kan apa itu permainan Rubik 2 Dimensi ?
Nah, permainan Rubik 2 Dimensi
ini merupakan permainan yang melakukan pengacakan kotakan-kotakan warna yang harus dirangkai menjadi rangkaian yang benar. Dibagi menjadi beberapa kotak kecil yang memiliki kelompok warna awalan sama untuk masing-masing sisinya seperti warna merah , kuning, hijau, biru, dan orange yang dapat diacak sedemikian rupa sehingga menghasilkan kotakan-kotakan yang sama di masing-masing sisinya. Cara memainkannya adalah dengan mengacak dan mengembalikan kotakan-kotakan tersebut ke sisi-sisi yang sebenarnya sesuai dengan kelompok warnanya.


Untuk membuat aplikasi ini, ada beberapa software yang diperlukan, yaitu sebagai berikut :
  1. JDK Versi 1.6
  2. Wireless Toolkit 2.5.2
  3. Text Editor (Penulis menggunakan JCreator)


Langsung aja yuk ikutin langkah2nya, cekidot guyz..!!

1. Pertama, buka software Wireless Toolkit 2.5.2 yang telah diinstal. Nah, penampakannya kaya gini nih..


2. Kita akan membuat project baru dengan cara klik "New Project". Lalu isikan Project Name dan MIDlet Class Namenya. Nama class disini harus merupakan nama dari class yang merupakan turunan dari MIDlet (extend MIDlet).


3. Setelah membuat project baru, kita akan melakukan setting project aplikasi J2ME dengan memilih tombol Setting pada jendela Wireless Toolkit. Dalam hal ini, kita akan melakukan setting pada API Selection untuk memilih JTWI (Java Technology for The Wireless Industry Specification) sebagai Platform dan CLCD 1.0 sebagai Configuration seperti gambar yang terlihat di bawah ini.


4.
Setelah membuat new project dan melakukan setting, kita akan membuat program. Dalam pembuatan kode program aplikasi permainan Rubik 2 Dimensi ini, penulis menggunakan JCreator sebagai text editornya. Kode program tersebut akan dimasukkan ke dalam folder C:\Users\nama_user\j2mewtk\2.5.2\apps\Rubik 2 Dimensi\src.

5. Setelah semua program dibuat, maka file-file program tersebut dicompile. Untuk mengcompile akan dilakukan dari jendela utama J2ME Wireless Toolkit dengan tombol open project lalu open Rubik 2 Dimensi seperti gambar yang terlihat di bawah ini.


6.
Lalu tekan tombol Build untuk mengcompile seperti pada gambar di bawah ini.


7. Setelah program berhasil dicompile, maka pilih menu Run yang ada pada menu toolbar. Nah kaya gini deh output programnya..



Nah, selesai deh. Kurang lebih seperti itulah proses pembuatan aplikasinya..

Agar lebih puas, langsung aja instal aplikasi ini ke dalam handphone Anda. Eits, tidak sembarang handphone yaaahh yang bisa diinstal aplikasi ini. Pokoknya asal mendukung teknologi Java MIDP versi 2.0 pasti bisa. Dalam hal ini saya menggunakan handphone Nokia N73 sebagai uji coba. Seperti ini nih penampakannya..


Sekian tulisan ini saya buat, semoga bermanfaat..
n_n

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons